28 Wajah Baru Wakil Rakyat Diharapkan Membawakan Aspirasi

Jawapes Banjarnegara – Dikenal dengan kota dawet ayu, DPRD Kabupaten Banjarnegara periode 2019-2024 sudah dirilis. Melalui pengumuman KPUD Nomor 476 tertanggal 22 Juli 2019, ke-50 nama-nama wakil rakyat utusan sepuluh Partai Politik ini akan mewakili sejuta lebih penduduk Kabupaten Banjarnegara.

Wakil rakyat harus mengemban peran strategis, yakni tugas dan fungsi menyusun perda (legislasi), penganggaran (budget) serta pengawasan (kontrol) Pemerintahannya. Para Dewan terpilih tersebut akan dilantik pada Rabu, (14/8/ 2019).

Pada pemilu 17 April lalu pemilihan legislatif menghasilkan komposisi dengan suara terbanyak dari PDIP yaitu 9 kursi, disusul PKB dan Partai Demokrat yang masing-masing menduduki 7 kursi sedangkan PKS, PPP masing -masing mendapat 5 kursi kemudian untuk Partai Golkar, Nasdem dan PAN masing-masing 4 kursi, termonitor Partai Gerindra 3 kursi dan Partai Hanura 2 kursi.

Berdasarkan pantauan Jawapes, hampir separuh lebih yaitu 28 dewan merupakan wajah-wajah baru dan dari 22 nama lainnya adalah terkafer wajah petahanan (incumbent) yang terdiri dari 12 wajah perempuan. Namun demikian tidak semua Parpol memiliki perwakilan disetiap wilayah dapil, terkecuali PDIP, PKB dan Partai Demokrat yang memiliki perwakilan merata di 6 dapil, sedangkan perwakilan partai lainnya tersebar secara acak.

Ketua DPC Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) Banjarnegara berharap separoh lebih wajah baru DPRD Kabupaten Banjarnegara akan membawa perubahan.

“Saya si tidak yakin adanya separuh lebih wajah baru wakil rakyat akan membawa Banjarnegara lebih baik, namun kami juga optimis… wakil rakyat yang kemarin terpili karena dorongan dana yang semestinya setelah terpilih mewakili aspirasi rakyat”, tegas Harmono, SH MM CLA.

Banyak pekerjaan rumah untuk Banjarnegara dari soal legislatif, budgeting dan kontroling eksekutif kedepan, semoga saja DPRD lebih dapat membawa kemajuan pada pemerintahannya dan kesejahteraan pada rakyatnya. (Ard/Eggi)