Akibat Kelalaian, Tiga Rumah Di Dusun Jamban Dilalap Si Jago Merah

Jawapes Banjarnegara – Kebakaran melanda tiga rumah di Dusun Jamban RT 01 RW 03 Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara, Sabtu (10/8/2019).

Sumber kebakaran diduga berasal dari rumah bagian bawah Ruwandi, pemilik rumah sempat memasak air di tungku menggunakan kayu bakar kemudian ditinggal ke warung oleh pemiliknya dan nahas kobaran api dari kayu bakar yang berada di tungku menyambar kayu di sekitar dapur yang berakibat api cepat menyebar hingga terjadi kebakaran.

Melihat kejadian tersebut, warga beserta relawan gabungan bahu membahu memadamkan kobaran api itu di lokasi kejadian. Pemadaman dilakukan menggunakan sumber air di sekitar lokasi dengan menggunakan alat seadanya. Selain berusaha mematikan api, mereka melokalisasi area terdampak agar api tidak menyebar dan meluas lebih parah lagi.

Dari pantauan Jawapes, diketahui pemilik rumah telah dilakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman, sedangkan harta benda yang masih bisa diselamatkan juga terevakuasi dengan baik. Meski dilakukan pemadaman oleh warga setempat namun api terlanjur menghanguskan tiga rumah di kampung itu.

Dua rumah yang hangus terbakar di antaranya merupakan milik Ruwandi yang mengalami rusak berat, sedangkan satu rumah lainnya yang ikut terbakar adalah milik Suwarto (68) yang dihuni tiga jiwa.

Akibat dari kejadian musibah yang menimpa 3 rumah warga tersebut, diperkirakan pemilik rumah mengalami kerugian sekitar Rp 70 juta per rumah.

BPBD mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi kebakaran di musim kemarau ini dan warga diminta untuk tidak meninggalkan api yang berpotensi merambat dan membakar area sekitarnya. (EgyW/Ardi)