Cegah Longsor, Pemdes Kuniran Bangun TPT

Jawapes Ngawi – Pemerintah Desa Kuniran, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, mulai merealisasikan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang berlokasi di Dusun Krajan Duduhan RT 05 RW 01, menyerap anggaran DD tahap kedua dengan sistem swakelola.

Ketua TPK Agastya Y.M dan Tim Tehnis Hananto Birawa St, saat berbincang dengan awak media Jawapes di lokasi kegiatan menginformasikan, bahwa pembangunan TPT yang berada di dusun Krajan Duduhan menyerap anggaran DD tahap kedua sebesar Rp.108.897.00 dengan panjang volume 59 meter dan Tinggi 2,5 meter berguna untuk menahan tanah bahu jalan yang menuju obyek wisata embung kuniran.

“pembangunan TPT ini diperlukan untuk menahan tanah bahu jalan dengan volume panjang 59meter,Tinggi TPT 2,5 meter,” kata Agastya

Heri Sugiyanto, selaku Kepala Desa Kuniran mengatakan, bahwa pembangunan ini salah satu untuk pencegahan longsor di bahu jalan menuju obyek wisata Embung Kuniran,harus benar-benar benar kuat dan kokoh TPT ini” Pungkasnya.

Kepala Desa Kuniran Heri Sugiyanto, disela pemantauan aktifitas warganya yang membangun TPT itu, menyebut pembangunan TPT di dusun Krajan Duduhan tersebut dibiayai Dana Desa (DD) Tahap II.

“Pembangunan infrastruktur terus kita genjot melalui DD tahap ke II seperti pembangunan TPT di dusun Krajan Duduhan tepatnya di RT 05 01. Karena mengingat lokasi TPT tersebut akses menuju obyek wisata Embung,” ungkapnya.

Soal dilibatkannya warga dalam pekerjaan DD adalah bagian dari progam kemendesa yang mengoptimalkan progam PKT agar warganya bisa terangkat secara ekonomi.

“Dimana pembangunan desa harus dikerjakan warga desa setempat (swakelola). Hal ini agar terjadi perputaran ekonomi meningkat seiring terus digenjotnya pembangunan desa,” imbuh Kades Kuniran Heri Sugiyanto, Sabtu (10/8/2019).

Heri menambahkan, bahwa desa Kuniran saat ini sedang giat membangun, apalagi didesanya ada embung kuniran yang tidak hanya menjadi sarana irigasi bagi petani di desanya tetapi telah menjadi obyek wisata alam yang sedang hits. Sehingga progam pembangunan infrastruktur terus ditingkatkan guna menunjang pariwisata yang secara otomatis dapat mengangkat taraf hidup warganya melalui obyek wisata Embung Kuwiran serta meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PeADes).

“Melalui kucuran Dana Desa semoga pembangunan di desa kami lebih meningkat, baik pembangunan fisik, mental dan spiritualnya, termasuk pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, apalagi dengan adanya Embung Kuniran yang menjadi obyek wisata dapat meningkatkan PADes sehingga masyarakat kami lebih sejahtera,” harapnya.

Kepala Desa Heri Sugiyanto ini memang termasuk sosok pemimpin yang melayani masyarakat didesanya secara menyeluruh demi terwujudnya desa Kuniran maju, mandiri, sehat dan sejahtera. (Ant)