Desa Sine Laksanakan Pemilihan BPD Periode 2019 – 2025

Jawapes Ngawi – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai “parlemen”nya desa. Seperti halnya Desa Sine, Kabupaten Ngawi ini menyelenggarakan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD),  Kamis (11/4/2019).

Ketua Panitia Penyelenggara Pemilihan Anggota BPD, Sagianto kepada media Jawapes menjelaskan, pemilihan anggota BPD Desa Sine diikuti oleh 21 peserta diantaranya 27 peserta laki-laki dan 4 orang perempuan.

“Ada 21 peserta calon anggota BPD 17 laki-laki 4 perempuan,” kata Sagianto.

Ditempat kerjanya Kepala Desa Sine, Jumadi mengatakan, ada banyak perbedaan mekanisme pengisian BPD jumlah anggota di tiap desa berkisar antara 5/7/9 meliputi perwakilan perempuan satu orang, perwakilan wilayah dan tergantung dari jumlah penduduk setempat,” kata Jumadi kepada media Jawapes.

Masih menurut Jumadi, masa jabatan anggota BPD adalah 6 tahun dan dapat diangkat/ diusulkan kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya. Sementara itu, pimpinan dan anggota BPD tidak diperbolehkan merangkap jabatan sebagai kepala desa dan perangkat desa.

“Untuk masa jabatan BPD adalah 6 tahun dan dapat di angkat kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya,” pungkasnya.(ant)