Disdukcapil Bojonegoro Tingkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan

Jawapes Bojonegoro – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bojonegoro menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) untuk KK.

Penerapan TTE ini berdasarkan amanat Permendagri RI Nomor 7 Tahun 2019 untuk menuju Dukcapil go digital.

TTE berbentuk QR Code yang kerahasiaan dan keamanannya telah terjamin oleh Badan Sertifikat Elektronik (BSE) dan Badan Siber Sandi Negara (BSSN).

Moch Chosim, S.H., M.H selaku Kadisdukcapil mengatakan, penggantian TTE tersebut sebagai bentuk perbaikan layanan administrasi kependudukan (adminduk) di Bojonegoro.

“Mulai sekarang, kami menerapkan tanda tangan elektronik untuk KK, sehingga warga tidak perlu lagi ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” kata Moch Chosim, Jumat (6/9/2019).

Masih Moch Chosim, tanda tangan basah dari pejabat yang berwenang Cukup di kecamatannya masing – masing.

“Warga semakin dimudahkan dalam mengurus KK, karena diselesaikan di masing-masing kecamatan. Tidak perlu lagi ke Kantor Disdukcapil Kabupaten Bojonegoro, cukup di kecamatan masing – masing,” ujarnya.

Kadisdukcapil juga berharap, semoga di tahun depan untuk KTP, Akta dan surat lainnya juga bisa diterapkan.

“Alhamdulillah, kemarin sudah kita ajukan dan disetujui Bupati, pengadaan peralatan di 28 kecamatan, nanti akan kami tingkatkan pelayanannya kalau untuk sekarang ini masih KK. semoga ditahun depan juga bisa KTP, Akta dan surat lainnya,” jelasnya. (Bud)