Gubernur Jatim Meresmikan Pembukaan Porprov Jatim VI di Lamongan

Jawapes Sidoarjo – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa secara resmi membuka Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim ke VI yang berlangsung di Stadion Surajaya Lamongan, Sabtu (6/7/2019). 

Selain dihadiri oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar parawansa dan Wagub Emil Dardak, acara pembukaan ini juga dihadiri Oleh Para Bupati/Walikota Se-Jatim, salah satunya Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah, SH.,M.Hum. 

Porprov ke VI ini akan berlangsung hingga 13 Juli mendatang dan pertandingan akan berlangsung di 4 kabupaten di Jatim, yaitu Lamongan sebanyak 10 cabang olahraga, Gresik 9 cabang olahraga, Bojonegoro dan Tuban masing-masing 12 cabang olahraga. 

Khofifah mengatakan dalam ajang Porprov ini akan bisa dipecahkan rekor-rekor baru sehingga atlet akan semakin berprestasi. Selain itu, Khofifah berharap agar gelaran Porprov kali ini bisa menyeret sektor lain seperti UKM dan lainnya. 

“Kami juga sudah bersepakat bahwa Porprov akan digelar 2 tahun sekali mulai dari sekarang dan tuan rumah untuk Porprov 2 tahun lagi juga sudah diputuskan, yaitu wilayah tapal kuda,” kata Khofifah dalam sambutannya.

Dikatakan Khofifah, dengan berlangsung selama 2 tahun sekali, intensitas berolahraga di masyarakat akan semakin akan dimulai dengan digelarnya pekan olahraga di tingkat desa hingga ke tingkat kabupaten. Sehingga, kata Khofifah, intensitas berolahraga ini akan bisa terhindar dari Narkoba. 

“Intensitas ini akan bergerak untuk sektor lainnya, seperti UKM,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung mengatakan Tema Porprov kali ini adalah “Jatim Menembus Dunia, Atlet Milenial Jatim Menuju Puncak”.

“Porprov kali ini diikuti sebanyak 7.818 atlet dan 2.484 official dengan total peserta secara keseluruhan sebanyak 10.302 peserta. Mempertandingan/melombakan 40 cabor dengan 525 nomor. Sedangkan untuk penutupan Porprov akan digelar di Tuban,” pungkasnya.(tyaz/kom)