Jalani Sidang Perdana di PN Surabaya, Gus Nur Ditemani Tim Kuasa Hukum

Jawapes Surabaya – Sugi Nur Raharja alias Gus Nur bersama tim kuasa hukumnya menghadiri sidang perdananya di Ruang Candra, PN Surabaya, Kamis (23/5/2019). Dalam menjalani sidang kasus tentang dugaan pencemaran nama baik tersebut, Gus Nur ditemani 11 pengacara.

Di persidangan tersebut, yang disebutkan dalam dakwaan JPU, bahwa Gus Nur dianggap melanggar Pasal 27 ayat (3) UU no. 19 tahun 2016 tentang juncto pasal 45 ayat (3) tentang UU ITE.

Sementara itu, tim kuasa hukum dari Gus Nur mengaku tidak mengajukan eksepsi atas dakwaan yang dilayangkan oleh Jaksa atas kasus dugaan pencemaran nama baik.

Ahmad Khozinuddin, salah satu kuasa hukum dari Gus Nur menyatakan, lebih baik bertarung dalam sidang.

“Kami tidak mengajukan eksepsi, kami dalami lebih lanjut, dan ada beberapa hal yang harus kami dalami setelah melihat apa yang disampaikan oleh JPU,” terangnya.

Ahmad juga menyampaikan bahwa ada beberapa poin yang akan didalami, diantaranya dalam pasal UU ITE itu yang dipersoalkan bukan yang membuat tapi siapa yang mentransmisikan dan permasalahan ini bukan terhadap Nahdlatul Ulama (NU) melainkan berkaitan dengan sebuah akun.

“Dalam dakwaan, pelapor mendapat video tersebut bukan dari akun klien kami melainkan dari grup whatsapp internal. Justru itu yang kami persoalkan. Dan permasalahan ini bukan dengan NU, namun dengan Akun sosial media yang hingga kini tidak diketahui siapa yang bertanggung jawab penuh dengan akun yang bernama Generasi Muda NU. Dan apa yang Gus Nur sampaikan adalah komplain terhadap akun yang dimaksud,” jelasnya.(tim)