Ormas Sidoarjo Peduli Konstitusi Beri Dukungan Kepada Penyelenggara Pemilu

Jawapes Sidoarjo – Sekitar 100 orang massa yang tergabung dalam Masyarakat Sidoarjo Peduli Konstitusi melaksanakan aksi damai dukungan kepada penyelenggara Pemilu Kabupaten Sidoarjo, Jumat (10/5/2019) pukul pukul 14.00 wib di depan Kantor KPU Jl. Raya Cemengkalang No 01 Sidoarjo.

Dalam aksi damai tersebut, peserta aksi membawa alat peraga berupa sound system dan membentangkan spanduk yang bertuliskan “masyarakat peduli konstitusi sidoarjo siap mengawal hasil Pemilu tahun 2019“.

Heru Sastrawan selaku korlap menyampaikan orasinya yang intinya mendukung KPU Sidoarjo agar melaksanakan Pemilu sesuai ketentuan yang ada dan mengabaikan pihak-pihak tertentu yang berusaha mendelegitimasi Pemilu hasil Pemilu 2019.

“Kami juga mengucapkan  terimakasih kepada KPU Bawaslu dan pihak keamanan yang sudah menjaga situasi yang kondusif di wilayah Kabupaten Sidoarjo,” ucapnya.

Unras pun dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi Sidoarjo damai, “Kami warga Sidoarjo yang tergabung dalam masyarakat Sidoarjo peduli Konstitusi menyatakan bahwa” :

1. Pelaksanaan Pemilu Serentak Tanggal 17 April 2019 di wilayah Sidoarjo telah berlangsung secara tertib, terbuka dan tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh pihak penyelenggara Pemilu.

2. Memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara Pemilu yang telah bekerja keras melaksanakan kegiatan pesta demokrasi yang berlangsung secara serentak, mulai dari Pemilihan Presiden, DPD-RI, DPR-RI, DPRD-Jatim, DPRD-Kabupaten Sidoarjo.

3. Memberikan dukungan sepenuhnya kepada pihak penyelenggara Pemilu agar menyelesaikan tugas dan kewajibannya dengan keyakinan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

4. Menghimbau kepada masyarakat, peserta Pemilu, para pendukung paslon maupun partai, agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan di wilayah Sidoarjo.

5. Kepada para pihak yang merasa tidak puas terhadap hasil Pemilu, agar melalui jalur konstitusi atau hukum yang berlaku.

6. Memberikan dukungan kepada Aparat Kepolisian dan TNI agar tetap menjaga kondusifitas Sidoarjo yang selama ini sudah baik.

7. Mengajak kepada masyarakat untuk taat kepada konstitusi atau hukum yang berlaku, dan jangan melakukan gerakan yang dapat menimbulkan keresahan dan kekacauan.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, Mokhammad Zainal Abidin, M.Pd.I dalam sambutannya mengucapkan  terimakasih kepada peserta aksi damai yang telah memberikan dukungan terhadap penyelenggara Pemilu di Kabupaten Sidoarjo yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

“Dan saat rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu tingkat propinsi untuk Kabupaten Sidoarjo dinyatakan aman tanpa permasalahan,” tuturnya.(tyaz)