Pantau Harga di Pasar Larangan dan Distributor, Satgas Pangan Lakukan Sidak

Jawapes Sidoarjo – Jelang Lebaran, satgas yang terdiri dari Satreskrim Polresta Sidoarjo, Bulog, Disperindag, Dinas Pasar pantau harga kebutuhan pokok di Pasar Larangan Sidoarjo dan pergudangan di kawasan buduran, Senin (13/5/2019).

Dalam pantauan, ada beberapa bahan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan dan penurunan yang tidak terlalu signifikan. Seperti harga cabai yang awalnya Rp 21.000/kg mengalami penurunan menjadi Rp 15.000/kg. Sedangkan bawang putih/merah alami kenaikan yang tidak terlalu tajam.

Sementara menurut salah satu pedagang daging, untuk saat ini masih belum ada kenaikan, harga masih normal berkisar Rp 90 ribu hingga Rp 100.000 untuk jenis daging berbeda.

“Kenaikan daging biasanya beberapa hari jelang lebaran,” ujarnya.

Sedangkan untuk harga ayam pun juga bervariatif tergantung besar kecilnya ayam. Untuk ayam petelor harga Rp 35.000/ekor.

Sidak pun dilanjutkan ke pedagang telur sebelah Utara Pasar Larangan. Disitu dijumpai salah satu agen pedagang telur yang bagus dan menyampaikan bahwa harga telur Rp 21.700/kg dengan pembelian minimal satu keranjang.

Begitu pula dengan harga beras yang baru tiga hari mengalami kenaikan sekitar Rp 200/kg nya. Dari semua merk beras tersebut, mengalami kenaikan harga yang sama, sementara stock beras pun juga masih memadai untuk kebutuhan masyarakat saat lebaran.

Acara sidak pun kemudian dilanjutkan ke pergudangan Sinar di kawasan Buduran. Ditempat tersebut ditemui salah satu distributor minyak goreng dan makanan ringan. Menurut pegawai distributor tersebut mengatakan bahwa stock minyak goreng masih banyak dan mengenai harga masih sama dan belum ada kenaikan, terangnya.

Di sela sidak, Kasatreskrim Polresta Sidoarjo, Kompol M. Harris saat diwawancara oleh beberapa awak media menerangkan bahwa sidak dilakukan guna memantau harga dan stock kebutuhan bahan pokok sehari-hari di Pasar Larangan ini.

“Untuk saat ini, harga bahan pokok masih relatif stabil jelang lebaran ini. Tetapi dari pihak kami bersama dinas terkait yang tergabung di Satgas Pangan ini akan selalu memantau harga dan stock bahan pokok hingga mendekati lebaran, meski dalam sehari-hari tetap kita pantau dan dalam satu minggu lagi, kita akan sidak lagi,” tandasnya.(tyaz)