Plt Bupati Tulungagung Ikuti Apel Akbar Kesiapan Pengawasan Pemilu 2019

Jawapes Tulungagung – Plt Bupati Tulungagung H. Maryoto Birowo, M.M, bersama Forkopimda Tulungagung mengikuti Apel Akbar Persiapan Pemilu 2019 yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tulungagung di GOR Lembupeteng Jl. Soekarno-Hatta Kelurahan Kutoanyar Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung, Minggu (14/4/2019).

Kegiatan ini digelar dalam rangka untuk mengecek kesiapan pengawasan Pemilu tahun 2019 bagi Bawaslu, Panwascam, Panitia Pengawas Pemilu Desa (PPD) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang diikuti sekitar 4.120 orang.

Selaku pembina apel, Ketua Bawaslu Kabupaten Tulungagung Fayakhun, SH, M.Hum, MM dalam amanatnya menyampaikan bahwa tiga hari lagi prosesi pesta demokrasi Pileg dan Pilpres akan memasuki puncak perayaan Pemilu 2019 secara serentak di seluruh Indonesia. Pada tanggal 17 April 2019 seluruh anak bangsa yang berhak memilih akan menggunakan hak pilihnya. Aspek keserentakkan dari Pemilu kali ini, menjadi ujian besar bagi Bawaslu sebagai Lembaga Pengawas Pemilu yang mendedikasikannya untuk menjaga hak pilih rakyat.

“Tiga hari lagi kita akan memasuki puncak perayaan Pemilu 2019 secara serentak, ini merupakan ujian besar bagi Bawaslu sebagai Lembaga Pengawas Pemilu yang mendedikasikan dirinya untuk menjaga hak pilih rakyat,” ungkap Fayakhun, SH, M.Hum, MM.

Ia menambahkan, selama berlangsungnya tahapan Pemilu tahun 2019, Bawaslu Kabupaten Tulungagung telah melakukan berbagai upaya serius guna mengakselerasi kesiapan dan kematangan seluruh jajaran dalam menghadapi setiap tahapan pemilu, termasuk pengawasan masa tenang, hari pungut hitung dan rekapitulasi serta kesiapan penanganan pelanggaran dan potensi sengketa proses pemilu.

“Kita telah melakukan berbagai upaya serius guna mengakselerasi kesiapan dan kematangan seluruh jajaran dalam menghadapi setiap tahapan pemilu,” tambah Ketua Bawaslu Kabupaten Tulungagung tersebut.

Mengakhiri sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Tulungagung Fayakhun, SH, M.Hum, MM mengajak jajaran Bawaslu untuk menunaikan tugas dengan profesional. Sebab tugas mengawasi Pemilu adalah panggilan mulia yang harus dilaksanakan dengan baik. Sudah sepatutnya jajaran Bawaslu meminta pertolongan Tuhan agar diberikan kekuatan dan kemampuan untuk menunaikan tugas dengan baik, hingga pada saatnya nanti seluruh jajaran Bawaslu dapat mempertanggungjawabkan amanah dihadapan Tuhan dan seluruh rakyat Indonesia.

“Sudah sepatutnya pula kita meminta pertolongan Tuhan, agar kita diberi kekuatan dan kemampuan untuk menunaikan tugas ini dengan baik,” tutup Fayakhun, SH, M.Hum, MM.(rul)