Sektor Pertanian Dan Perikanan Di Tulungagung Sangat Berperan Untuk Menunjang Perekonomian

Jawapes Tulungagung – Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Penyerahan Sarana Bantuan Pemerintah Program Prioritas. Sosialisasi “Gemar Makan Ikan” dan pengolahan hasil perikanan yang dirangkaikan dengan kunjungan kerja anggota Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia komisi IV di Kabupaten Tulungagung. Kegiatan diadakan di Pantai Klatak Desa Keboireng Kecamatan Besuki. Acara yang dimulai dari jam 08.00 Wib ini dihadiri kurang lebih 500 orang.

Adapun rangkaian kegiatan antara lain :

1. Restocking benih ikan kakap putih yang dilakukan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Kabupaten Tulungagung, anggota komisi IV DPR RI, anggota komisi IV BPK RI, KKP dan kementrian di Pantai Klatak Desa Keboireng Kecamatan Besuki.

2. Gerakan “Ayo Makan Ikan Mencegah Stunting”. Demo makan ikan bersama 200 anak sekolah, demo masak ibu-ibu nelayan/PKK.

Ir. Endang Sri Utami, Mt dalam hal ini sebagai perwakilan dari Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM langsung membacakan sambutan dari Plt. Bupati untuk mengucapkan selamat datang kepada Prof. Dr. H. Rizal Djalil, M.M (anggota BPK RI), Eva Kusuma Sundari (anggota XI
DPR RI), Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Kementrian Pertanian RI dan seluruh undangan yang hadir.

“Sektor pertanian dan perikanan di Kabupaten Tulungagung memiliki peran yang strategis dalam perekonomian,” ungkapnya.

Selain memberikan kontribusi langsung berupa efek pengganda yaitu keterkaitan input dan output industri, juga menjadi konsumsi dan investasi yang cukup besar. Baik tangkapan laut ataupun perairan umum daratan,  imbuhnya.(soep)