Tinggal Landas Desa Pengalangan Melalui Agrowisata Buah

Jawapes Gresik – Desa Pengalangan, letak wilayah desa berbatasan dengan kota Surabaya, kembali menorehkan progres dibidang pertanian dan perkebunan setelah sebelumnya berhasil mendatangkan perwakilan dari pemerintah pusat melalui Kemendes tentang Bumdes.

Kini, panen raya tanaman holti kultura berhasil dipetik tanpa diprediksi sebelumnya dengan hasil panen yang luar biasa, ucap Yono selaku petani dan tengkulak 4 jenis buah hasil panen Desa Pengalangan, Menganti.

Berikut hasil wawancara Jawapes Media dengan Kades, petani dan tengkulak di Desa Pengalangan beberapa waktu lalu saat para petani sedang memanen.

Besar harapan, selaian telah terbentuknya Gapoktan Desa Pengalangan yang diketuai oleh Yuswadi selama 3 tahun berjalan dan dibina langsung oleh Kades Ahyar Abdul Mutholib dengan hasil yang sangat membanggakan, tutur Yono dan Kadesnya patut diacungi jempol tekannya.

Diselah mengusung 10 Ton buah melon kemobil pengangkut guna dikemas dan dikirim keluar pulau, Yono menyempatkan diri berbincang dengan awak media, bahwa Agrowisata Buah akan dibangun didepan balai desa Pengalangan dapat menjadi entitas kepedulian dan kinerja kepala desa, ungkapnya.

Rasa puas tersirat dari Yono dari para petani yang lain dari hasil panen raya kali ini, dengan mengambil risiko yang tidak akan gagal panem melalui pilihan variasi dari macam macam bibit buah, dan mudahnya cara menanam, jelasnya.

Pupuk, lanjaran, bibit, gerenjeng / mulsa tandon air, dan pipa saluran didapat dari bantuan daerah melalui kelincahan baik ketua Gapoktan maupun kepala desa, tambahnya.

Agrowisata buah sebagai rencana pembangunan kedepan, berharap masa tinggal landas Desa Pengalangan akan semakin maju kedepan, pungkas Yono.

Jeruk nipis, Melon, Buah Golden dan Cabe Merah yang secara bersamaan dipanen didesa Pengalangan, ungkapan rasa bangga atas hal tersebut dari Kades Ahyar Abdul Mutholib terlontar dengan tanpa banyak kata.

Semoga apa yang telah saya lakukan dapat bermanfaat dan tentunya sangat menopang perekonomian masyarakat Desa Pengalangan, pungkas Kades Ahyar Abdul Mutholib.(Sub)



Hak Jawab | Koreksi

Tulis Pesan anda disini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.